Ini Makna Logo Baru Universitas IBBI

0
227

XPRESI | MEDAN – Setelah pelantikan Rektor, Wakil Rektor dan Dekan di lingkungan kampus Uniersitas IBBI, acara selanjutnya adalah launching logo Universitas IBBI yang dilakukan oleh Ketua LLDikti Prof Dian Armanto, Ketua Pembina Yayasan IBBI Nicolas, Ketua Pengurus Lili Suryati serta unsur Dewan Penasehat untuk menarik selubung logo Universitas IBBI pasca bergabungnya STIE dan STMIK IBBI.

Secara khusus, Wakil Rektor Sukiman menyampaikan Universitas IBBI memiliki logo berbentuk Pintu Terbuka yang melambangkan Universitas IBBI sebagai sebuah “doorway” atau gerbang awal untuk membuka pintu peluang lainnya di masa depan para mahasiswa.

“Artinya Universitas IBBI menjadi pintu pertama yang menyediakan ilmu pengetahuan yang dapat diakses oleh generasi muda untuk dapat membuka pintu kesempatan lainnya di masa depan. Kemudian bentuk yang menyerupai “speech bubble” merepresentasikan IBBI sebagai tempat dimana mahasiswa dapat menyuarakan, mengekspresikan diri mereka masing-masing dan juga mengembangkan bakat dan minat mereka,” kata Sukiman.

Sedikit cukilan sejarah terkati Universias IBBI. IBBI pada awalnya adalah singkatan nama yayasan, yaitu Institut Bina Bisnis Indonesia, yang mengelola lembaga pendidikan di bidang bisnis. Lembaga yang didirikan pada tanggal 17 April 1996 pada awalnya menyelenggarakan program pendidikan diploma dengan berbagai jurusan antara lain jurusan Sekretaris, Komputer, Pariwisata dan Perhotelan, Akuntansi Manajemen Pemasaran dan Perbankan.

Jurusan sengaja dikonsentrasikan ke sana untuk memenuhi kebutuhan pasar. Pada tahun 1998 status IBBI berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) IBBI. STIE IBBI menyelenggarakan Program Studi Manajemen Program Sarjana dan Program Studi Akuntansi Program Diploma III.

Pada tahun 2008 STIE IBBI membuka Program Studi Akuntansi Program Sarjana. Sejalan dengan tuntutan perkembangan jaman khususnya di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, pada bulan September 2003 IBBI membuka Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) IBBI. STMIK IBBI menyelenggarakan Program Studi Sistem Informasi Program Sarjana dan Program Studi Teknik Informatika Program Sarjana.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 763/M/2020 tanggal 24 Agustus 2020 tentang Izin Penggabungan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi IBBI di Kota Medan dan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer IBBI di Kota Medan Menjadi Universitas IBBI di Kota Medan Provinsi Sumatera Utara yang diselenggarakan oleh Yayasan Pendidikan Institut Bina Bisnis Indonesia maka STIE IBBI dan STMIK IBBI telah menjadi Universitas IBBI dengan penambahan Program Studi Teknologi Informasi Program Sarjana.

Visi Universitas IBBI adalah Terwujudnya IBBI sebagai universitas yang inovatif, unggul dalam pendidikan berbasis bisnis dan teknologi informasiera industri 4.0 untuk menciptakan lulusan yang berdaya saing nasional pada tahun 2030 dan internasional pada tahun 2040.

Misi Universitas IBBI antara lain:
a.Menyelenggarakan pendidikan berkualitas untuk meningkatkan daya saing lulusan di tingkat global.
b.Melaksanakan penelitian inovatif di bidang bisnis dan teknologi informasi era industri 4.0 di tingkat nasional maupun internasional.
c.Melaksanakan kegiatan pengabdian sebagai kontribusi bagi perkembangan bisnis berbasis teknologi digital.
d.Menyelenggarakan pendidikan berstandar internasional melalui kemitraan dan kerjasama antar perguruan tinggi.
e.Mengembangkan pusat karir dan pusat kewirausahaan berbasis teknologi digital yang berskala nasional maupun internasional.

Moto Universitas IBBI adalah Claim Your Future dan hal ini berarti sebagai berikut.
a.Mencerminkan dinamisme dan etos “Forward Thinking”.
b.Masa depan berada di tangan Mahasiswa Universitas IBBI.
c.Kata Claim berarti bahwa masa depan yang cerah berada di depan Mahasiswa dan menunggu mahasiswa untuk meraihnya.

Makna warna Logo Universitas IBBI memiliki makna sebagai berikut :
a.Warna dominan Biru dan Merah. Biru melambangkan profesional, ketulusan dan integritas sedangkan Merah melambangkan kuat, berani dan percaya diri. b.Gradasi warna mencerminkan bahwa Universitas IBBI terbuka untuk semua Mahasiswa yang berasal dari berbagai latar belakang. Artinya Universitas IBBI tidak memandang kelas ekonomi, beraneka ragam suku, budaya, ras, agama dan bahasa.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here