Kajati Sumut : Satu Kelahiran Satu Pohon Untuk Mengurangi Dampak Perubahan Iklim

0
199

`

XPRESI | DELI SERDANG-Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara menggelar acara penanaman 1000 pohon dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Bhakti Adhyaksa (HBA) yang ke-61. Penanaman 1000 pohon mengusung tema “Menanam Bersama Hijaukan Bumi” dilaksanakan di lahan eks HGU PTPN 2 seluas 10 hektar di Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Deli Serdang Sumatera Utara, Jumat (18/6/2021).

Hadir dalam kegiatan penanaman pohon Kajati Sumut IBN Wiswantanu, Wakajati Sumut Agus Salim, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan, Dirut PTPN II Irwan Perangin-Angin, Kajari Deli Serdang Jabal Nur, Kapolres Deli Serdang, para Asisten Kejati Sumut, Koordinator, ibu-ibu IAD Wilayah Sumut serta Forkopimda Deli Serdang.

Dalam sambutannya, Kajati Sumut IBN Wiswantanu menyampaikan bahwa acara penanaman pohon ini adalah merupakan rangkaian peringatan HBA yang ke-61. Berhubung karena masih masa pandemi Covid-19, kegiatan yang dilaksanakan juga dibatasi.

“Perlu kita ketahui bersama, bahwa kerusakan lingkungan telah mengakibatkan berbagai dampak seperti bencana alam seperti banjir bandang, tanah longsor, ada juga dampak perubahan iklim, pemanasan global (global warming) akibat makin menipisnya laposan ozon,” kata Kajati Sumut.

Dengan kegiatan menanam pohon ini, lanjut IBN Wiswantanu akan memberi manfaat yang sangat besar di kemudian hari dan diharapkan ikut berperan dalam mengurangi dampak pemanasan global.

“Sekadar saran kepada Bupati Deli Serdang, agar bumi ini kembali hijau, buatlah program penanaman pohon satu kelahiran satu pohon. Agar ke depan kita memiliki investasi Oksigen kepada anak cucu kita nantinya, ” katanya.

Selanjutnya, Bupati Deli Serdang Ashari Tambunan menyambut baik program penanaman pohon yang digelar Kejati Sumut.

“Harapan kita dengan penanaman pohon ini, kita ikut mendukung program penghijauan yang digaungkan pemerintah. Ini adalah investasi kita ke masa depan. Pohon yang kita tanam hari ini adalah pohon durian, semoga pohon yang kita tanam ini menghasilkan buah dan bisa kita nikmati ke depan,” kata Ashari Tambunan.

Selanjutnya, Kajati Sumut IBN Wiswantanu, Wakajati Sumut Agus Salim, serta undangan lainnya melaksanakan penanaman pohon secara simbolis. Dilanjutkan dengan ramah tamah dan foto bersama.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here