Universitas IBBI Gelar Webinar Technopreneur

0
71

XPRESI | MEDAN-Universitas IBBI gelar webinar dengan topik “Memulai Technopreneur Dari Langkah Pertama”, Sabtu (16/7/2022). Kegiatan ini berlangsung live zoom dan Youtube Universitas IBBI yang diikuti oleh 108 peserta, terdiri dari mahasiswa/i Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISH) dan Fakultas Sains dan Teknologi (FaST) Universitas IBBI, Para Dosen, serta peserta umum.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Universitas IBBI, Sukiman, ST, MT dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada seluruh panitia yang telah berkontribusi untuk menggelar kegiatan ini.

“Menjadi technopreneur, akan memiliki banyak manfaat seperti menciptakan lapangan pekerjaan, mendorong kewirausahaan, serta meningkatkan pemanfaatan sumber daya lokal,” papar Sukiman.

Materi pertama disampaikan oleh Dr. Andriasan Sudarso, S.Mn, MM. Dalam materinya, Andriasan mengatakan bahwa, jika dahulu kewirausahaan merupakan bakat bawaan sejak lahir dan diasah melalui pengalaman langsung di lapangan, maka sekarang ini paradigma tersebut telah bergeser.

“Kewirausahaan telah menjadi suatu disiplin ilmu yang mempelajari tentang nilai, kemampuan (ability) dan perilaku seseorang dalam menghadapi tantangan hidup untuk memperoleh peluang dengan berbagai resiko yang mungkin dihadapinya,” kata Andriasan.

Untuk menjadi wirausahawan sukses, lanjut Andriasan memiliki bakat saja tidak cukup, tetapi juga harus memiliki pengetahuan segala aspek usaha yang akan ditekuninya. Tugas dari wirausaha sangat banyak, antara lain tugas mengambil keputusan, kepemimpinan teknis, kepemimpinan organisatoris dan komersial, penyediaan modal, dan lainnya.

Sementara itu, Darwin, S.Kom, M.Kom dalam materi yang kedua menyebutkan bahwa, Technopreneur merupakan sebutan untuk seseorang yang memanfaatkan perkembangan teknologi terbaru dan mutakhir untuk diimplementasikan sebagai basis dalam mengembangkan pengembangan usaha.

“Dengan kata lain, technopreneur merupakan seseorang yang mengelola usaha menggunakan basis teknologi. Untuk menjadi technopreneur yang unggul, kita harus memiliki goal, motivasi, resources, dan skill yang bagus,” tandas Darwin.

Kegiatan webinar ini ditutup dengan acara sesi tanya jawab antar peserta dengan kedua pemateri, yang dipandu oleh moderator Jimmy MC Napitupulu, S.Kom serta dilanjutkan dengan sesi dokumentasi foto bersama secara virtual.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here