Universitas IBBI Gelar Workshop Jurnalistik

0
526

MEDAN-Universitas IBBI kembali menggelar kegiatan Workshop Jurnalistik untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan mahasiswa dalam menulis. Worshop digelar, Sabtu (13/8/2022) di Kampus Deli Universitas IBBI Jalan Sei Deli No.18 Medan.

Workshop Jurnalistik diikuti 12 peserta dan dipandu oleh Dekan Fakultas Sains dan Teknologi Johanes Perangin Angin, S.Kom, M.TI dan menghadirkan pemateri Pemimpin Redaksi Media Online di Medan, James P Pardede dengan mengusung tema “Menulis itu mudah, tapi menulis yang baik itu tidak mudah”.

Wakil Rektor Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Sukiman, ST, MT, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat bagi mahasiswa maupun dosen, terutama yang memiliki minat dalam menulis. Hal ini dikarenakan akan menambah wawasan serta kemampuan pada bidang jurnalistik seperti menulis artikel maupun berita, dari para peserta yang mengikuti kegiatan ini.

“Semoga peserta yang mengikuti kegiatan ini bisa menulis dengan baik. Tidak hanya sekadar menulis, karena narasumber yang kita undang ini sudah berpengalaman dibidangnya,” kata Sukiman.

Pemateri James P Pardede, dalam pemaparan materinya mengatakan bahwa Jurnalistik adalah suatu kegiatan yang berhubungan dengan pencatatan atau pelaporan setiap hari. Jadi jurnalistik bukan pers, bukan media massa. Menurut kamus, jurnalistik diartikan sebagai kegiatan untuk menyiapkan, mengedit, dan menulis surat kabar, majalah, atau terbitan berkala lainnya.

“Sebagai teknik, jurnalistik adalah “keahlian” (expertise) atau “keterampilan” (skill) menulis karya jurnalistik (berita, artikel, feature) termasuk keahlian dalam pengumpulan bahan penulisan seperti peliputan peristiwa (reportase) dan wawancara,” kata James.

Lebih lanjut James P Pardede menyampaikan bahwa sehebat apa pun kita dalam teori, dengan membaca berbagai literasi tentang menulis tidak akan membuahkan hasil kalau kita sendiri tidak pernah terjun langsung untuk menulis.

Kegiatan workshop ini diakhiri dengan praktek langsung untuk membuat sebuah berita dengan menggunakan prosedur sesuai unsur berita (5W + 1H) yang sudah disampaikan secara langsung dalam kegiatan ini. (Catatan Guanleng Immanuel Sitepu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here